Jika Anda pernah melihat iklan yang sama sekali tidak memiliki pesan komersial, ini adalah contoh iklan layanan masyarakat (ILM). Biasanya, iklan tersebut berisi kampanye program pemerintah atau kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat umum.
Misalnya, di masa pandemi COVID-19, semua media arus utama dibanjiri iklan tentang pentingnya cuci tangan dan menjaga jarak. Fungsinya tak lain agar masyarakat selalu ingat akan bahaya Covid-19.
Masih banyak contoh iklan layanan masyarakat lainnya, namun sebelum itu kita akan mengulas secara singkat definisinya.
Apa itu pemberitahuan publik?
tampilkan konten
Secara sederhana, periklanan dibagi menjadi dua bidang, yaitu periklanan komersial dan non-komersial. Di sini, iklan layanan masyarakat termasuk dalam kategori kedua.
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyampaikan pesan-pesan sosial agar masyarakat lebih sadar akan isu-isu yang ada di sekitarnya.
Ini adalah kampanye nirlaba yang bermanfaat bagi semua orang.
Baca juga: Contoh Iklan Media Cetak
Bentuk dan jenis iklan layanan masyarakat
Seperti iklan pada umumnya, iklan layanan masyarakat dapat ditampilkan di semua media. Itu hanya bisa berupa teks, gambar atau foto, rekaman suara dan video.
Cara penyampaiannya pun bermacam-macam, misalnya hanya dalam bentuk pengumuman, wawancara atau dokumentasi dan narasi.
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, simaklah berbagai kasus penggunaan ILM di media massa berikut ini.
Contoh iklan nirlaba
Kami telah mengumpulkan contoh iklan layanan masyarakat dari berbagai sumber dengan penjelasan dan tujuannya.
- Sosialisasi protokol kesehatan
Sumber: dit.promkes.
Penerapan 100% sekolah tatap muka akhirnya direplikasi, meskipun dengan beberapa peringatan.
Direktorat Promosi Kesehatan dan PM mensosialisasikan protokol kesehatan melalui iklan layanan masyarakat di laman Instagram.
- Kebiasaan cuci tangan pakai sabun
Bahkan sebelum pandemi COVID-19, kebiasaan cuci tangan pakai sabun sudah sering digalakkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan pribadi dan mencegah penyakit.
- Buanglah sampah pada tempatnya
Pembuangan sampah sembarangan dapat mengakibatkan banjir yang mencemari laut. Tujuan dari kampanye ini sederhana saja, yaitu mengajak masyarakat untuk membersihkan tempat pembuangan sampahnya.
- Kurangi konsumsi plastik
Sampah plastik kini menjadi masalah global. Untuk itu, ada kampanye di mana-mana untuk mengurangi penggunaan plastik. Melalui video promosi layanan masyarakat di atas, diharapkan sampah plastik bisa berkurang.
- Mengajak Anda untuk menghemat energi
Sumber: Medcom
Biasanya poster atau baliho hemat energi seperti pada foto di atas ramai di jalanan saat peringatan Hari Bumi.
PSA ini ingin masyarakat menghemat energi tidak hanya di Hari Bumi, tapi setiap hari.
- Panggilan untuk membatasi penggunaan gadget
Boleh saja menggunakan gadget, tapi batasi diri agar tidak berlebihan. Jangan sampai terlambat untuk menyadari hal ini dan hal yang tidak terduga akan terjadi.
- Undangan makan malam buah
Saking susahnya mengajak orang makan buah, Kementerian Kesehatan RI membuat video di atas. Singkat, jelas dan to the point.
- Waspada demam berdarah
Contoh iklan layanan masyarakat
Di awal musim hujan, Dinas Kesehatan biasanya memasang iklan layanan masyarakat tentang demam berdarah. Slogan “3M (Tutup, Kubur, dan Daur Ulang)” akan ditampilkan di berbagai tempat.
- Ajak hemat air
Air adalah sumber kehidupan yang tak ternilai harganya. Menghemat air sama dengan menyelamatkan nyawa. Kurang lebih begitulah pesan dari contoh iklan layanan masyarakat ini.
Contoh iklan layanan masyarakat
- Peringatan merokok
Sumber: Solopos
Anda mungkin juga sering mendengar ILM di radio atau mungkin di podcast. Salah satu peringatan paling umum tentang bahaya merokok.
Lihat Juga: