3 Poin Penting Saat Memilih Rumah Kontrakan

3 Poin Penting Saat Memilih Rumah Kontrakan – Memiliki tempat tinggal sendiri tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun sayang keinginan ini sering tidak sejalan dengan kondisi finansial yang ada sehingga beberapa kalangan harus rela menunda keinginannya ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi secepat mungkin. Untuk memenuhi kebutuhan ini, banyak orang yang memilih untuk menyewa rumah kontrakan. Serupa dengan mencari rumah untuk dibeli, mencari rumah sewaan juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengalami kerugian. Adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memilih rumah sewaan diantaranya :

Lokasi Rumah

Hal pertama yang wajib menjadi perhatian saat memilih tempat tinggal adalah lokasi dari rumah yang akan disewa. Saat Anda mencari tempat tinggal, Anda harus memastikan lokasi dari rumah yang akan dipilih aman dan lokasi tersebut mudah dijangkau oleh kendaraan.

Pastikan juga daerah disekitar rumah yang akan disewa memiliki lingkungan yang baik serta dekat dengan berbagai fasilitas umum yang Anda butuhkan. Memilih lokasi rumah yang tepat bisa menjadi langkah awal untuk memberikan kenyamanan bagi Anda dan keluarga.

Fasilitas Rumah

Selain lokasi rumah, hal lain yang harus diperhatikan saat Anda memilih rumah kontrakan adalah fasilitas dari rumah yang akan disewa. Saat Anda memilih rumah, Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk fasilitas air, listrik, dan sebagainya.

Mengetahui fasilitas yang telah dihitung dalam harga sewa bisa dijadikan referensi untuk menilai apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Mengetahui fasilitas yang ada juga bisa menjadi penilaian untuk mengetahui kualitas dari rumah yang akan Anda sewa.

Perjanjian Sewa

Setelah Anda memperhatikan lokasi dan fasilitas dari rumah kontrakan yang akan dipilih, selanjutnya Anda tidak boleh melewatkan hal terpenting yaitu memperhatikan perjanjian sewa yang akan disepakati.Setiap pihak yang menyewakan rumah tentu memiliki berbagai peraturan berbeda.

Saat Anda akan menandatangi sebuah perjanjian sewa rumah, pastikan Anda bertanya dengan jelas mengenai berbagai hal seperti kesepakatan pembayaran, masa sewa, hingga kesepakatan penanggung jawab jika terjadi kerusakan. Pastikan Anda menyepakati hal-hal tersebut dengan jelas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian waktu.

Itulah beberapa hal wajib menjadi perhatian khusus saat Anda mencari rumah yang akan disewa. Di Indonesia sendiri masih ada ribuan keluarga yang menempati rumah sewaan dengan berbagai fasilitas sesuai dengan kemampuannya.

Pada dasarnya pemilihan rumah sewa harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Namun bukan berarti minimnya kemampuan finansial yang dimiliki menjadi alasan untuk mengesampingkan poin-poin penting diatas.

Pastikan Anda mencari rumah kontrakan dengan teliti dan mempertimbangkan setiap poin penting diatas untuk mendapatkan rumah yang berkualitas. Ketepatan Anda saat memilih rumah yang akan disewa menjadi penentu kenyamanan Anda dan keluarga.