Aplikasi Pengukur Stres Gratis dari Kemenkes

Tidak hanya ekonomi tetapi juga kesehatan mental penduduk dunia telah menjadi korban pandemi COVID-19. Karena efek pandemi yang berlangsung lama, seperti ketakutan di masa depan, kasus bunuh diri, PHK, jeratan utang, dan sejumlah masalah lainnya, masalah kesehatan mental terus menghilang di permukaan. Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan aplikasi pengukur stres gratis bernama Jiwa Sehat dari Kementerian Kesehatan.

Aplikasi pengukur stres gratis ini dikembangkan bekerja sama dengan WHO dan diterbitkan pada Hari Perayaan Kesehatan Mental pada tahun 2015. Meskipun dirilis lima tahun lalu, aplikasi ini masih dapat digunakan hingga saat ini. Selain itu, Kementerian Kesehatan melakukan berbagai peningkatan pada fungsi aplikasi mobile dari aplikasi Jiwa Sehat.

Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Pengukur Stres Untuk Kesehatan Mental?

Aplikasi ini dirancang untuk mengukur kesehatan mental seseorang. Untuk mengetahui tentang kesehatan mental kita, kita diminta untuk mengisi kuesioner yang telah disiapkan. Nanti kita bisa mengetahui penyakit jiwa dari hasil kuisioner.

Dari hasil ini Anda tahu apa langkah selanjutnya yang harus diambil. Jika Anda memiliki gejala gangguan kesehatan mental, Anda dapat segera pergi ke pusat kesehatan atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Untuk melihat lokasi fasilitas kesehatan yang menangani masalah kesehatan mental, Anda dapat menggunakan fungsi geo-tagging. Anda dapat menggunakan fungsi penandaan geografis untuk mencari fasilitas kesehatan terdekat. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa 2020, aplikasi ini menawarkan fitur baru berupa menu konsultasi dengan psikiater dan psikolog terpilih.

Pengembangan aplikasi ini sejalan dengan misi Kementerian Kesehatan

untuk menekan kasus bunuh diri di Indonesia. Hingga saat ini, banyak kasus masalah kesehatan jiwa yang belum tertangani karena kurangnya pengetahuan masyarakat. Akibatnya, banyak masalah kesehatan mental yang terlambat ditangani atau tidak ditangani sama sekali.

Harapannya aplikasi ini dapat mencegah kematian dini akibat bunuh diri. Apa hubungan antara insiden bunuh diri dan klaim kesehatan mental? Karena kasus bunuh diri erat kaitannya dengan kesehatan mental seseorang.

Sayangnya, kesehatan mental tidak semudah diidentifikasi sebagai masalah kesehatan fisik. Belum lagi, masih banyak masyarakat Indonesia di luar sana yang masih awam dengan kesehatan mental. Hal ini juga dicatat dengan baik oleh Kementerian Kesehatan. Selain mengukur stres, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengekstrak informasi kesehatan mental.

Apakah Anda yakin tidak akan menginstal aplikasi seluler ini

dengan keunggulan bagus ini di ponsel cerdas Anda? Silakan kunjungi halaman kesehatan mental Kementerian Kesehatan Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Lihat Juga :

https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/