Cara Membuat Aplikasi Android di Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Android di Android Studio. Perkembangan teknologi semakin hari semakin maju, jumlah pengguna smartphone Android pun semakin melonjak tajam. Karena hal ini, kebutuhan masyarakat akan kehadiran aplikasi berbasis Android pun meningkat. Android Studio adalah IDE (Integrated Development Environmet) dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk membuat aplikasi Android secara mudah dan gratis.

Bagi Anda yang tertarik untuk membangun aplikasi Android menggunakan Android Studio, Anda disarankan sudah familiar dan memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman Java. Hal ini dikarenakan Java adalah salah satu bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi di Android Studio. Jika sudah mengetahui Java, yuk simak artikel ini karena akan membahas mengenai langkah-langkah membuat aplikasi menggunakan Android Studio dengan mudah dan sederhana.

  1. Siapkan Kebutuhan Dasar

Sebelum membuat aplikasi Android, Anda diharuskan memiliki komputer yang memadai agar proses pembuatannya bisa lancar. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan adalah memiliki RAM minimal 4 GB agar Emulator Android dapat dijalankan. Lebih disarankan lagi untuk menggunakan komputer dengan RAM 8 GB sehingga Android Studio dapat berjalan lebih cepat dan tidak lelet.

Jika sudah memiliki perangkat yang memadai langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Android Studio melalui laman resminya. Ikuti langkah-langkah pemasangan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan pemasangan.

  1. Memulai Proyek Pertama di Android Studio

Setelah berhasil memasang Android Studio IDE di komputer, Anda bisa langsung membukanya kemudian pilih Start a new Android Studio Project yang ada di jendela Welcome. Beri nama proyek sesuai dengan aplikasi yang akan Anda buat, usahakan buat nama yang sederhana saja.

Setelah memberikan nama, Anda akan diarahkan untuk memilih Target Android Devices, pilih Phone and Tablet kemudian isi Minimun SDK dengan API 15: Android 4.0.3(IceCreamSandwich), hal ini dimaksudkan agar aplikasi Anda bisa kompatibel dengan 97% perangkat Android yang terhubung dengan Google di seluruh dunia.

Android Studio akan mengarahkan Anda untuk memilih template berdasarkan keperluan aplikasi yang akan dibuat. Tersedia berbagai macam template yang dapat Anda gunakan mulai dari kosong virtual hingga beragam tipe aktivitas. Android Studio akan membuat folder proyek yang Anda buat ke folder AndroidStudioProjects pada komputer Anda dan menyimpannya secara otomatis.

  1. Kenali Menu Android Studio IDE dengan Baik

Menu utama Android Studio terdiri dari berbagai area dan panel yang akan membantu Anda dalam membuat aplikasi Android. Sebelum menerusakan pembuatan aplikasi, ada baiknya untuk kenali terlebih dahulu menu-menu yang ada di Android IDE di bawah ini:

  • Bilah Alat digunakan untuk menjalankan aplikasi Android dan meluncurkannya.
  • Bilai Navigasi digunakan untuk navigasi projek dan membuka file serta mengeditnya.
  • Panel Editor digunakan untuk menampilkan materi file yang dipilih dalam proyek.
  • Bilah Status digunakan untuk menampilkan status proyek seperti peringatan atau pesan
  • Panel Project digunakan untuk menampilkan file dan hierarki proyek
  • Panel Monitor digunakan untuk mengelola tugas dan memantau eksekusi aplikasi

Setelah mengenal Android Studio dengan baik, Anda bisa dengan mudah membangun sebuah aplikasi Android sesuai keinginan. Nah, itulah informasi tentang cara membuat aplikasi Android di Android Studio, jika Anda sedang mencari informasi lainnya tentang Android, silakan kunjungi Androidays.com.