Cara Memilih Jasa Pendaftaran Merek Terpercaya

Bagaimana cara memilih jasa pendaftaran merek? Jasa pendaftaran merek melalui konsultan HKI adalah pihak yang akan melakukan pengurusan registrasi merek ke lembaga berwenang hingga mendapatkan sertifikat brand. Anda harus memilih penyedia jasa yang kredibel dan terpercaya.

Tips Memilih Konsultan HKI

Memilih jasa pendaftaran merek tentu tidak bisa sembarangan karena berkaitan dengan masalah hukum untuk jangka panjang. Pihak yang ditunjuk untuk pengurusan merek adalah yang benar-benar terpercaya dan sudah terdaftar, salah satunya seperti Patendo. Berikut ini tips untuk memiilih penyedia jasa tersebut:

  • Merupakan Konsultan HKI yang Sudah Terdaftar

Pastikan sebelum memilih jasa pendaftaran merek terpercaya, maka cari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut apakah sudah terdaftar atau belum. Konsultan HKI harus benar-benar terdaftar di pangkalan data konsultan kekayaan intelektual.

Cara mengetahui sangat mudah yakni cukup mengunjungi laman Ditjen HKI, lalu pilih menu e-informasi HKI – Pangkalan Data Konsultan KI. Anda hanya perlu mencari konsultan yang ingin dicari tahu informasinya melalui fitur search.

  • Patuh Terhadap Kode Etik Profesi Konsultan HKI

Setiap profesi tentu memiliki kode etik, tak terkecuali konsultan HKI yang harus patuh pada etika profesi yang berlaku di Indonesia. Salah satunya kode etik yang harus ditaati adalah tidak memberikan informasi yang menjelekkan, menyesatkan, dan membawa citra buruk profesi.

Selain itu, konsultan HKI juga tidak diperkenankan untuk memberi jaminan keberhasilan dan tidak dibenarkan untuk menyatakan diri mampu memberikan pengaruh kepada pegawai pemerintah. Dalam hal ini berhubungan dengan suap-menyuap selama proses pendaftaran merek.

  • Pengalaman dan Jam Terbang

Semakin tinggi jam terbang dan pengalaman dari suatu perusahaan, maka semakin tinggi kredibilitasnya. Anda bisa melihat dari testimoni klien-klien yang pernah menggunakan jasa mereka. Jika testimoninya positif, maka jasa pendaftaran merek tersebut patut dipertimbangkan.

Cara memilih jasa pendaftaran merek memang harus hati-hati karena berkaitan dengan kegunaan hak perlindungan hukum atas merek yang digunakan dalam jangka panjang. Pastikan untuk memilih perusahaan yang benar-benar terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi untuk registrasi merek.