Cara Mengatur Yoast SEO (Nyaman & Mudah!)

Apakah Anda ingin situs web Anda muncul di halaman pertama pencarian Google? Jika demikian, upaya SEO Anda harus tepat sasaran. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan plugin Yoast SEO. Lantas, bagaimana cara setting Yoast SEO terbaru?

Cara Mengatur Yoast SEO (Nyaman & Mudah!)

Anda berada di halaman yang tepat! Pada artikel ini Anda akan belajar banyak tentang Yoast SEO. Mulai dari apa itu Yoast SEO, cara installnya, cara setting Yoast SEO terbaik, hingga cara penggunaan Yoast SEO di postingan.

Yuk, langsung saja baca artikel selengkapnya!

Apa itu Yoast SEO?

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang digunakan untuk meningkatkan SEO situs web. Sejak kehadirannya di tahun 2008, Yoast SEO telah membantu banyak situs web berperingkat lebih tinggi di mesin pencari.

Yoast SEO memungkinkan Anda membuat konten yang ramah SEO berkat penggunaan kata kunci yang tepat. Bahkan, Anda juga tahu jika sebaran kata kunci dalam artikel itu merata.

Selain itu, Anda dapat melihat hasil analisis SEO dengan parameter yang berbeda. Misalnya, judul meta dan deskripsi meta yang muncul di hasil pencarian mematuhi peraturan Google.

Ada lagi fitur analisis keterbacaan yang memungkinkan Anda membuat konten yang bisa dibaca dengan nyaman oleh banyak orang. Akan ada informasi penggunaan kalimat majemuk hingga kalimat pasif, yang bisa membuat penjelasannya terlalu panjang.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, Yoast SEO memiliki 2 versi yaitu: gratis dan premium. Untuk penggunaan yang mudah, versi gratis mereka sebenarnya menawarkan fungsi berguna yang paling penting.

Berikut adalah fitur gratis yang dapat Anda nikmati di plugin Yoast SEO:

fokus kata kunci
Metakonfigurasi Robot
konfigurasi RSS
Pengaturan Tautan Permanen
Pengaturan remah roti
peta situs XML
Editor file untuk .htaccess dan robots.txt
Dukungan verifikasi Google Search Console, Yahoo Site Explorer dan Bing Webmaster Tools
Impor pengaturan dari plugin SEO lainnya

Tidak hanya berfungsi penuh, Yoast SEO juga mudah digunakan. Nah, sebelum kita menyelami pengaturan Yoast SEO terbaik dan terbaru, mari kita mulai dengan proses instalasinya terlebih dahulu!
Cara menginstal plugin Yoast SEO

  1. Langkah pertama dalam mengatur Yoast SEO adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO di dashboard admin WordPress. Pengguna Niagahoster dapat mengakses halaman admin WordPress langsung dari member area di menu admin WP berikut:
    Login WordPress melalui Area Anggota Niagahoster
  2. Dari halaman admin WordPress, klik menu Plugins > Add New untuk menambahkan plugin baru.
  3. Kemudian ketik yoast di kotak pencarian. Saat plugin Yoast SEO muncul, klik tombol Install Now.
    Instal plugin Yoast SEO
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Dalam hal ini, klik Aktifkan.
    Aktivasi plugin Yoast SEO
  5. Nah ketika plugin telah berhasil diaktifkan, menu SEO akan muncul di menu sidebar WordPress. Masuk ke menu tersebut, maka anda akan dibawa ke halaman General Setting sebagai berikut :
    Tampilan awal menu plugin SEO yoast
  6. Pada halaman ini Anda dapat mengatur pengaturan Yoast SEO. Mari terus membaca!
    Cara Setting Yoast SEO Terbaru dengan Workout [Pemula]

Untuk mempermudah pengaturan Yoast SEO bagi pemula, Yoast menyediakan cara cepat untuk mengkonfigurasi pengaturan Yoast SEO terbaik melalui fitur pelatihan Konfigurasi.

Anda dapat mengakses fitur ini langsung dari submenu Workout atau dari General Setting dengan mengklik link latihan Yoast SEO Configuration sebagai berikut:
Akses menu konfigurasi latihan dari tautan di menu Umum

Anda akan diarahkan ke halaman latihan SEO berikut:
cara menyetel yoast seo terbaru melalui halaman menu latihan seo

Kemudian klik tombol Mulai Pelatihan! Anda akan melihat beberapa langkah konfigurasi Yoast SEO pada satu halaman.

  1. Optimalkan data SEO

Langkah pertama dalam menyiapkan Yoast SEO untuk pemula adalah optimasi SEO.

Pada fase ini, optimasi SEO dilakukan pada website Anda. Yoast akan memberikan tips SEO untuk meningkatkan kinerja teknis SEO-nya.

Lamanya proses optimasi ini tergantung dari jumlah data yang akan dioptimasi. Anda tetap bisa langsung ke langkah selanjutnya, meski proses optimasi belum selesai.
Optimalkan data SEO saat melakukan latihan Yoast terbaru untuk mengonfigurasi pengaturan SEO

  1. Representasi lokasi

Anda dapat memilih 2 jenis opsi situs web yaitu

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel