Contoh surat lamaran yang bagus dan menarik untuk direview oleh HRD

Bagaimana cara menulis surat lamaran?

Tentu saja, surat lamaran yang bagus dan menarik lebih cepat bereaksi terhadap HRD. Jadi jika surat lamaran Anda dikirimkan dan tidak menerima lowongan pekerjaan, salah satu penyebabnya bisa jadi karena surat lamaran Anda kurang menarik.

Sebuah surat lamaran bisa disebut baik dan menarik jika terdapat unsur-unsur penting di dalamnya. Elemen terpenting yang harus disertakan dalam surat lamaran adalah indikator bahwa surat lamaran Anda sesuai dengan referensi.

Unsur-unsur berikut harus disertakan dalam surat lamaran:

tesis

Tesis berada di awal surat lamaran. Tesis berisi identitas surat atau pekerjaan yang akan dilamar. Selain itu, tesis ditulis dengan garis besar kop surat, tempat dan tanggal penulisan surat, salam pembuka dan kalimat pembuka surat.

sengketa

Argumentasi adalah isi surat lamaran yang membenarkan minat pada posisi yang akan dilamar. Ini juga termasuk kekuatan Anda, jadi HRD harus memilih Anda.

Oleh karena itu, argumentasi ditulis dengan menyertakan kerangka surat lamaran dan lampiran persyaratan dan keterampilan yang Anda miliki sebagai pelamar seperti: ijazah, sertifikat, sertifikat, penghargaan dan bukti tertulis lainnya yang dapat mendukung kekuatan Anda.

afirmasi

Konfirmasi dalam surat lamaran adalah elemen terakhir. Pengakuan ini dapat berupa harapan pemohon, salam penutup, tanda tangan, diikuti dengan nama lengkap pemohon.
Baca juga: 6 contoh surat lamaran yang baik dan benar yang perlu diperhatikan HRD!
Elemen penulisan dalam surat lamaran

Bentuk penulisan surat lamaran adalah bentuk tulisan formal yang baku dan sesuai dengan ejaan EJT yang baik dan benar. Selain itu, surat pengantar harus memuat kata-kata yang santun, jelas, ringkas dan padat, serta sebaiknya surat pengantar dapat menyebutkan tujuannya.

Secara sederhana, berikut adalah tips menulis surat lamaran yang baik:

menggunakan bahasa yang baik, singkat dan benar;
Memiliki format tulisan yang rapi;
Data yang dicantumkan harus lengkap sesuai kebutuhan perusahaan;
Sertakan dokumen yang sesuai dengan kualifikasi.

Contoh surat lamaran

Berikut ini adalah contoh surat lamaran yang baik dan menarik untuk pemula atau pelamar baru:

Yogyakarta, 04 September 2019

Perihal: lamaran kerja

Ke,

Sayang.

HRD PT XX

Di_

Tempat

Sungguh-sungguh,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Juliani, S.H

Tempat dan tanggal. Lahir: Medan, 1 Januari 1996

jenis kelamin perempuan

Pelatihan terakhir: S1 hukum bisnis Syariah

Alamat: Jl. Bimokurdo No. 01 B Demangan

Telepon (HP): +62823xxxx

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari akun Instagram @loker.jogja, PT XX membutuhkan staf customer service. Dengan surat lamaran ini, saya secara sukarela bergabung dengan perusahaan yang Anda jalankan untuk mengisi posisi yang kosong saat ini.

Sumber :