Kesalahan Merawat Tanaman Hias yang Perlu Kamu Hindari

Tanaman hias sangat diperlukan untuk memberikan tampilan rumah yang indah, asri, serta sejuk. Biasanya, tanaman hias yang kita beli untuk rumah kita bisa ditempatkan pada ruangan terbuka maupun sudut-sudut ruangan. Penempatan tanaman hias ini akan disesuaikan berdasarkan fungsi dari tanaman hias tersebut. Selain itu, penggunaan tanaman hias juga akan disesuaikan dengan selera setiap orang masing-masing. Terlepas dari dimana lokasi yang akan kita gunakan untuk menempatkan tanaman hias, tentunya kita perlu menyadari betapa pentingnya merawat tanaman hias secara tepat. Apalagi, tanaman hias juga memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Apabila kita tidak merawat tanaman hias secara tepat, maka kita bisa menyebabkan tanaman tersebut tidak bisa tumbuh secara baik. Lantas, apa hal yang bisa kita hindari untuk mencegah agar tanaman hias yang kita miliki tidak mati dan layu? Tentunya, ada beberapa hal berikut ini yang perlu kita hindari agar tidak terjadi kesalahan pada perawatan tanaman hias.

1. Terlalu banyak menyiram dengan air

Memang, sedari dulu kita sudah memahami bahwa tanaman akan membutuhkan air untuk tumbuh. Akan tetapi, hal tersebut tidak serta-merta membuat kita menggunakan terlalu banyak air pada tanaman kita. Jadi, kita sebaiknya tidak hanya menyiram tanam secara teratur saja. Soalnya, kita juga perlu memperhatikan juga tingkat kelembaban tanah. Soalnya, ada kemungkinan air tersebut juga tergenang pada tanah sehingga menyebabkan kelebihan air. Akibatnya, ada pembusukan akar pada tanaman yang lama-lama akan membuat tanaman itu menjadi mati. Apabila sedang musim hujan, ada baiknya kita tidak menyiram air terlalu cepat. Soalnya, tanah pada tanaman saat musim hujan cenderung cepat lembab. Untuk mengatasi masalah ini, kita juga dapat menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat karena pot yang satu ini dapat menyerap serta membuang kelebihan air yang ada para tanaman hias alias porous serta bisa menjaga kestabilan temperatur media.

2. Tidak mengganti pot secara teratur

Seiring dengan berjalannya waktu, tanaman hias yang kita rawat pastinya akan menggunakan banyak nutrisi maupun bahan organik yang ada pada tanah. Hal ini menyebabkan tanah menjadi terkuras dan keras sehingga dalam waktu yang lama, tanah sudah tidak bisa menyerap air dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Maka dari itu, untuk membuat tanaman tetap sehat, kita perlu mengganti tanah lama yang ada di pot dengan tanah yang baru. Biasanya, kita dapat melakukan penggantian pot tanaman hias ini dengan tanaman yang segar ketika matahari sedang bersinar cerah, yakni di musim semi. Akan tetapi, pada beberapa kondisi, ada kalanya kita juga memerlukan proses penggantian tanah segera. Misalnya saja seperti jika tanaman sudah terlihat kering, tanah sudah menjadi keras, serta tanaman yang tidak tumbuh dengan baik serta daunnya sudah mulai menguning.

3. Tanaman tidak menerima paparan sinar matahari yang cukup

Setiap tanaman hias memiliki tingkat kepekaan terhadap sinar matahari yang berbeda-beda. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui jenis dan karakter tanaman hias yang akan kita budidayakan. Terdapat beberapa jenis tanaman hias yang memerlukan sinar matahari yang cukup serta tempat yang terang, misalnya saja seperti kaktus maupun pohon ara. Apabila keduanya ditempatkan di tempat yang teduh, maka kaktus dan pohon ara akan sulit untuk berbunga. Sementara itu, terdapat juga tanaman hias yang memerlukan sedikit cahaya, misalnya saja seperti spider plant serta bromelia. Apabila diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari selama berjam-jam, maka daun dan batangnya bisa rusak.