Mengapa Strategi Bisnis Berkaitan dengan Siklus Bisnis?

Dalam suatu bisnis dikenal dengan yang namanya siklus bisnis yang terdiri dari empat tahapan. Mulai dari perkenalan hingga penurunan sebagai akibat dari resiko. Setiap siklus memiliki karakter dan tantangan berbeda. Itulah mengapa strategi bisnis berkaitan dengan siklus bisnis agar bisa lebih optimal.

Strategi Bisnis di Setiap Siklus Bisnis

Strategi bisnis harus dipikirkan matang-matang sesuai dengan tahapan siklus bisnis agar lebih optimal dan tepat sasaran. Seperti diketahui bahwa ada empat tahapan yang harus dilalui dalam sebuah usaha dan masing-masing tahapan sebaiknya menerapkan strategi berbeda.

Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Tahap Perkenalan

Tahapan ini adalah siklus pertama yang harus dilalui oleh sebuah bisnis. Bagian marketing dapat membuat strategi berdasarkan variabel pemasaran berupa harga, distribusi, promosi, dan kualitas produk. Menurut https://bisnisonlinekuy.com/, Ada empat strategi yang bisa dilakukan dalam tahapan ini:

  • Rapid Skimming (Strategi Peluncuran Cepat), yakni peluncuran produk dengan menetapkan harga tinggi dan level promosi tinggi
  • Slow Skimming (Strategi Peluncuran Lambat), yakni peluncuran produk yang harganya tinggi namun dengan sedikit promosi
  • Rapid-Penetration (Strategi Penetrasi Cepat), yakni peluncuran produk dengan harga yang murah atau rendah, namun biaya promosi besar
  • Slow-Penetration (Strategi Pentrasi Lambat), yakni produk dengan harga dan promosi yang sama-sama rendah
  • Tahap Pertumbuhan

Pada tahap ini biasanya ditandai dengan adanya peningkatan omzet penjualan. Konsumen sudah mulai berlangganan dan terus melakukan repeat order. Strategi yang harus dilakukan pada tahapan inia dalah dengan meningkatkan kualitas produk, menambah model baru, iklan, hingga memasuki segmen baru.

  • Tahap Kedewasaan

Tahapn ini menjadi tantangan terbesar bagi bagian pemasaran di mana tingkat pertumbuhan penjualan akan mengalami penurunan. Jika semua produk mengalami penurunan, maka perusahaan harus mulai berpikir bagaimana cara menaikkan minat konsumen agar penjualan dapat meningkat.

  • Tahap Penurunan

Suatu usaha atau bisnis bisa saja mengalami tahap penurunan baik dalam waktu cepat maupun lambat karena beberapa faktor. Jika ingin bertahan, maka perusahaan harus meningkatkan investasi atau resiko terburuknya adlaah menjual usaha secepat mungkin untuk diakuisisi maupun menjual aset-asetnya.

Mengapa strategi bisnis berkaitan dengan siklus bisnis? Dari penjelasan di atas jelas bahwa setiap siklus mengalami perbedaan dalam hal pendapatan atau penjualan.