Menjadi Karyawan Outsourcing, Bagaimana Kelebihan Dan Kekurangannya?

Menjadi Karyawan Outsourcing, Bagaimana Kelebihan Dan Kekurangannya – Di setiap perusahaan-perusahaan besar pasti Anda biasa melihat cleaning service, catering, driver, facility management, dan berbagai jenis pekerjaan jasa lainnya. Lalu apakah Anda tahu apa sebutan untuk jenis pekerjaan yang seperti itu?

Jenis pekerjaan ini disebut alih daya yaitu penggunaan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Sistem ini pertama kali dilakukan pada zaman Yunani dan Romawi yang menyewa prajurit asing untuk ikut bertembur dan berperang melawan pasukan musuh mereka.

Outsourcing indonesia (alih daya) mulai digunakan di dunia usaha seiring dengan berkembangnya prinsip sosial dan keinginan perusahaan membagi resiko yang mungkin terjadi di dunia kerja. Sebab tidak semua perusahaan handal dalam mengatasi permasalahan di bidang pekerjaan mereka.

Kelebihan Karyawan Alih Daya

  1. Melamar pada perusahaan outsource untuk lulusan baru atau freshgraduated dapat menjadi pilihan yang baik, sebab penerimaannya relatif mudah.
  2. Tak sedikit perusahaan penyedia jasa yang memberikan berbagai macam pelatihan berdasarkan SOP yang dimilikinya. Oleh karena itu setiap tenaga kerja akan dibekali serta dilatih untuk meningkatkan keterampilan mereka.
  3. Menjadi tenaga kerja di perusahaan alih daya memiliki kelebihan lain antara lain yakti perusahaan pengguna jasa yang akan berlomba mencari pekerja yang memiliki keahlian khusus di layanan penyedia jasa bukan karyawan outsource.
  4. Bekerja di perusahaan outsource tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk dapat mengembangkan kemampuan diri sebab sifat pekerjaannya yang fleksibel dan tidak terikat pada perusahaan.
  5. Selain dapat mengembangkan diri, menjadi pegawai di sebuah perusahaan outsource dapat membantu Anda menjadi wirausaha, Anda akan diajarkan banyak hal mengenai sistem perusahaan terutama yang berhubungan dengan teknis di lapangan.

Kekurangan Karyawan Alih Daya

  1. Bekerja di perusahaan outsoure tidak membuat Anda mempunyai jenjang karir yang baik, oleh karena itu menjadi karyawan alih daya bukan pilihan tepat untuk jika ingin menjadi pegawai kontemporer.
  2. Meskipun sifat pekerjaan di perusahaan outsource tidak terikat, tetapi masa kerja di perusahaan seperti ini belum jelas, bisa saja memiliki masa kerja yang pendek namun ada kemungkinan masa kerjanya panjang..
  3. Kurangnya kesejahteraan pada pegawai outsource. Tidak sedikit perusahaan alih daya yang tidak memberikan tunjangan kepada para pegawainya.
  4. Selain masa kerja yang tidak jelas, gaji yang diberikan pun kemungkinan tidak besar. Bahkan para pekerja seringkali tidak mengetahui angka pasti dari gaji yang diberikan oleh para pengguna jasa karena pemberian upah dari perusahaan penyedia jasa yang tidak transparan.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan menjadi karyawan outsourcing. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, informasi menariknya dapat Anda temukan di link http://myrobin.id/