Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Ada yang pernah mendengar nama Pantai Nguyahan? Soal namanya, mungkin kita belum pernah mendengarnya. Karena kawasan ini sepertinya sedang menurun karena wisatawan lebih memilih Pantai Ngobaran yang memiliki spot-spot kecil yang membuat Anda ragu untuk mengedipkan mata.

Namun perlu diketahui bahwa Pantai Nguyahan memiliki pesona unik tersendiri yang wajib dikunjungi. Selain itu, Gunung Kidul juga dikunjungi saat musim liburan. Berkunjung ke tempat wisata ini memang suatu keharusan.

Lantas apa saja yang ditawarkan kawasan wisata ini? pertanyaan yang sering terdengar dari sebagian besar pengunjung yang buta sama sekali terhadap objek wisata ini. Jawabannya sangat mengesankan dan sayang untuk menyangkalnya sedikit pun.

Keunggulan lain yang terlihat adalah kebersihan, yang memang bisa disebut jagoan. Tidak ada sampah yang berserakan. Beberapa kotak pasir juga disiapkan. Menariknya, beberapa pengunjung perlahan mulai sadar membuang sampah pada tempatnya.

Biaya masuk Pantai Nguyahan

Tidak harus mahal untuk menikmati tempat wisata ini karena tiket masuk ke Pantai Nguyahan hanya 5.000 rupiah.

Selain itu, ada biaya parkir 5.000 rupiah untuk kendaraan bermotor. Dan 10.000 rupiah bagi anda yang membawa mobil.

Lihat juga daftar 50 pantai yang direkomendasikan di Gunung Kidul untuk dikunjungi.

alamat dan lokasi rute

Alamat Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Prefektur Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 75 km dari kota. Atau kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam 30 menit.

Jalan menuju Pantai Nguyahan hanya dapat diakses dengan kendaraan pribadi karena tidak banyak angkutan umum menuju objek wisata ini. Rute menuju Pantai Nguyahan bisa dimulai dari kota Jogja menuju Piyungan, Patuk, Gading. Kemudian arahkan kendaraan ke Playen, Paliyan, Pasar Trowono, Kanigoro, hingga titik lokasi.

Nah, jalur lain juga bisa lewat Piyungan, Parangtritis, Panggang, langsung kendaraan ke Saptosari Pasar Truwono, Kanigoro, dan akhirnya sampai di titik lokasi.

Kunjungi juga Pantai Sadeng, Gunung Kidul, Yogyakarta.

asal

Ternyata ketenangan dan keindahan wisata Pantai Nguyahan ini tidak lepas dari mitos dan cerita rakyat yang melingkupi asal-usul ojek wisata ini. Dimana dulu belum ada internet dan Belanda masih menduduki Indonesia.

Nah, dulu daerah ini terkenal sebagai penghasil garam. Oleh karena itu, objek wisata ini dinamakan Pantai Nguyahan. Uyah berarti garam dalam bahasa Jawa. Maka tak heran jika tempat ini diberi nama Nguyahan.

Kunjungi juga Pantai Ngobaran yang memiliki banyak spot foto cantik.

Tempat wisata di Pantai Nguyahan

Tempat wisata ini biasanya digunakan wisatawan untuk berenang dan bermain pasir. Selain itu, Anda juga dapat menikmati beberapa makhluk laut yang lucu dan mengesankan. Selain itu, pantainya cukup luas dengan tebing karang yang mengesankan.

Di sini kita bisa melihat ikan-ikan kecil. Banyak juga wisatawan yang menjadikannya sebagai objek foto karena antusias. Tidak hanya sejauh ini, kita masih bisa melihat beberapa alga di bawah bebatuan.

Biasanya rumput laut ini dipanen oleh warga dan hasilnya digunakan untuk menunjang perekonomian. Rumput laut ini dipanen di tengah laut. Hasilnya dijual dan dijadikan bahan konsumsi yang rasanya sangat enak.

Baca juga: Sepanjang Pantai Gunung Kidul yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi.

  1. Matahari terbenam yang mengesankan

Keindahan lain yang bisa kita nikmati di Pantai Nguyahan adalah terbenamnya matahari. Langit-langit kota Gunung Kidul akan berubah dari biru menjadi jingga, menyayat hati dan jiwa orang yang melihatnya.

Jadi jangan lupa untuk membawa kamera yang kuat agar Anda dapat mengabadikan setiap keajaiban siluet di sini melalui gambar dan foto. Jika Anda ingin menikmati matahari terbenam yang benar-benar sempurna, cobalah tinggal sedikit lebih lama di dasar karang.

  1. Area memancing dan berkemah

Selain beberapa pesona yang ditawarkan di sini, kita bisa menikmati beberapa warna lain yang akan membuat Anda semakin terpukau dengan kawasan wisata tersebut. Di antaranya adalah tempat memancing dan berkemah.

Nah jika Anda suka memancing di sini Anda bisa pergi ke selatan ke dasar karang. Banyak warga sekitar yang juga memanfaatkan kawasan ini. Maka jangan heran bila Anda bertemu dengan mereka yang sangat ramah dan bersahaja.

Sumber :

Mytrip123.com
Wisata Jogja