Syarat Masuk SMA Melalui Jalur Prestasi

Penerimaan Peserta Didik Baru atau disingkat PPDB tahun 2022 akan dimulain bulan Juni. Khususnya penerimaan siswa-siswi dari SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA di Provinsi Jawa Timur.

Persiapan naik ke jenjang SMA/SMK ada beberapa jalur yang bisa digunakan jika ingin memasuki SMA/SMK. Jika calon siswa-siswi peserta didik baru  mempunyai prestasi dalam bidang akademik, bisa menggunakan jalur Prestasi Nilai Akademik. Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan oleh calon peserta PPDB 2022 Jawa Timur.

Dan selain itu Ada beberapa jalur yang bisa dipilih dalam PPDB SMA, salah satunya adalah jalur prestasi. Syarat masuk SMA jalur prestasi 2022-2023 perlu diketahui bagi kamu yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Jalur prestasi ditujukan bagi anak-anak yang memiliki prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Jalur prestasi diarahkan untuk membangun iklim kompetisi yang diharapkan dapat mendorong prestasi peserta didik.

Website Sekolahloka menyediakan banyak informasi mengenai persyaratan untuk masuk ke SMA lewat jalur prestasi di berbagai sekolah yang ada di Indonesia. anda bisa mendapatkan informasinya dengan mengunjungi situs https://sekolahloka.com.

O iya, jenjang yang membuka PPDB jalur prestasi adalah SMP dan SMA, sementara untuk jenjang SD tidak membuka PPDB jalur prestasi. Kapasitas untuk jalur prestasi PPDB tingkat SMP dan SMA menggunakan sisa kuota penerimaan siswa baru.

Persyaratan tersebut harus dilengkapi untuk mendukung proses pendaftaran online. Selain persyaratan, kamu juga perlu mengikuti tata cara yang tepat dan sesuai dengan prosedur. Tenang saja, pendaftaran ini gratis alias tidak dipungut biaya. Agar semakin jelas, simak pemaparannya di artikel ini.

Tata Cara dan Syarat Masuk SMA Jalur Prestasi 2022

Mengutip buku Pengantar Manajemen Pendidikan oleh Usman, dkk (2019), PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PPDB mempunyai tujuan untuk meratakan akses beserta kualitas pendidikan. Jalur prestasi ditujukaan bagi calon peserta didik SMA/sederajat yang mempunyai prestasi lomba di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, atau internasional.

Kuota penerimaan jalur prestasi lomba yakni sebesar 5%. Adapun rinciannya yakni 3% untuk prestasi non akademik, dan 2% untuk prestasi akademik. Adapun syarat masuk SMA negeri 2022 2023 yakni sebagai berikut:

Prestasi didapatkan saat calon peserta didik duduk di bangku SMP/mts/sederajat.

  • Verifikasi dan legalisasi sertifikat dilakukan oleh kepala sekolah asal SMP/sederajat.
  • Peserta didik memilih satu sekolah bagi SMA atau satu kompetensi jurusan bagi SMK
  • Seleksi jalur prestasi lomba dilakukan berdasarkan rata-rata nilai rapor, pemeringkatan skor, dan usia peserta.

Syarat PPDB jalur prestasi

Untuk orangtua yang ingin mengikuti jalur prestasi PPDB 2020, berikut persyaratannya berdasarkan Permendikbud No 40 Tahun 2019:

  • Jalur prestasi tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 SD.
  • Syarat jalur prestasi ditentukan berdasarkan nilai ujian sekolah atau UN.
  • Selain UN, jalur prestasi juga dapat menggunakan hasil perlombaan dan atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan atau tingkat kabupaten/kota.
  • Bukti atas prestasi hasil perlombaan/penghargaan itu diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Itulah syarat PPDB jalur prestasi 2022 untuk tingkat SMA. Dengan mengikuti panduan di atas, diharapkan kamu bisa melakukan pendaftaran dengan lancar dan tepat waktu sesuai jadwal.