Teknik Pembuatan Board PCB

Teknik Pembuatan Board PCB

Board PCB menjadi salah satu elemen yang terdapat pada komponen benda elektronik tertentu. Elemen tersebut mempunyai ukuran yang beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing benda. Pembuatan board PCB juga harus sesuai dengan ilmu elektronika agar cara kerja lebih maksimal.

Penerapan Ilmu Elektronika pada Pembuatan Board PCB

Ilmu elektronika menjadi dasar utama bagi seseorang sebelum melakukan perakitan board PCB. Fungsi utama board PCB yaitu menghubungkan arus listrik dengan benda elektronik agar dapat bekerja sesuai dengan ketentuan. Tanpa board PCB maka benda elektronik tidak dapat dinyalakan.

Board PCB sendiri mempunyai banyak layer yang dapat digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing benda elektronik. Elemen satu ini mampu menghubungkan arus listrik dari satu jalur ke substart. Pembuatan PCB sendiri juga harus melalui berbagai rangkaian dan tahapan.

Pembuatannya juga harus penuh pertimbangan agar fungsi utama berjalan lebih signifikan. Proses pembuatan PCB juga terbilang rumit bagi seseorang yang tidak memahami ilmu elektronika. Jalur pada PCB harus dibuat berkesinambungan agar rangkaian elektronik berfungsi.

Teknik Pembuatan Board PCB

Ilmu elektronika dapat dijadikan sebagai modal awal dalam pembuatan board PCB, hal ini lantaran rangkaian terbilang komplit. Teknik dalam pembuatan PCB juga sangat banyak, seseorang dapat memilih sesuai dengan keinginan. Berikut  teknik pembuatan board PCB :

1. Teknik Fotoresist

Teknik pertama yang dapat Anda coba untuk melakukan pembuatan board PCB yaitu fotoresist. Poin ini terbilang cukup mudah dan gampang lantaran hanya memerlukan alat berupa lampu, larutan positif-20 dan larutan NaOH. Cara pembuatan dengan teknik ini singkat dibandingkan yang lain.

2. Teknik Sablon

Pembuatan board PCB juga dapat menggunakan teknik sablon. Alat yang digunakan dalam pembuatan board PCB ini cukup banyak, namun sangat mudah untuk hal perangkaian jalur. Teknik ini hampir sama dengan sablon pada kain alat yang dibutuhkan seperti kasa-screen, tiner, dan lainnya.

3. Teknik Cetak

Poin ini merupakan hasil salinan dari dari PCB pada board. Teknik ini mengharuskan pemindahan dengan menggunakan alat berupa mesin printer. Cetak pada teknik ini sebenarnya terbilang mudah akan tetapi cara dan alat yang digunakan cukup mahal.

Teknik di atas dapat membatu seseorang jika ingin membuat board PCB untuk kebutuhan elektronik tertentu. Masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi pemilihan. Pastikan sebelum itu telah mempelajari dasar ilmu elektronika.