Tips Pemilihan Perlengkapan Alat Mandi Bayi Baru Lahir

Keadaan dimana bayi baru lahir memiliki kulit yang sensitif menjadi salah satu alasan orang tua harus lebih teliti dalam memilih produk perawatannya. Hal tersebut termasuk dalam alat mandi bayi baru lahir, seperti sabun dan sampo. Kesalah memilih produk dapat membuat bayi mengalami iritasi. Karenanya, berikut adalah tips memilih produk aman yang harus Anda ketahui.

Tips Memastikan Keamanan Sabun Dan Sampo Untuk Bayi

1. Kandungan Yang Aman

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyimak segala informasi di label kemasan. Pastikan akan segala zat yang terkandung dalam produk sampo atau sabun yang ingin dibeli. Untuk hal ini, ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari agar tidak menyebabkan kulit bayi iritasi. Bahan tersebut mencakup pewarna, deterjen, dan pewangi.

Selain ketiga material tersebut, pastikan bahwa sabun atau sampo yang Anda beli sudah diformulasikan khusus untuk bayi. Umumnya, produk tersebut akan menghindari beberapa bahan berbahaya. Seperti contohnya adalah deodoran, Phthalate, Paraben, Antiseptik, Sodium laureth Sulphate, sodium lauryl sulphate.

2. Tidak Sebabkan Alergi

Tidak sedikit produk kosmetik dewasa yang diberi tagar Hypoallergenic. Hal tersebut juga berlaku untuk alat mandi bayi baru lahir. Sampo dan sabun yang baik dan aman hendaknya memiliki kandungan yang tidak menyebabkan alergi. Meski demikian, Anda perlu kenali kulit si bayi. Bisa saja produk aman tersebut masih memberi efek alergi pada kulit, yang mana harus segera berhenti digunakan.

3. Tidak Menimbulkan Iritasi Dan Cradle Cap

Selain alergi, masalah utama yang sering terjadi pada kulit bayi adalah iritasi. Iritasi kulit sendiri dapat muncul dan tampak layaknya kulit kering dan bersisik. Sedangkan cradle cap lebih dikenal sebagai kondisi yang tampak seperti sisik kuning pada kulit kepala atau sekitar bagian tubuh tertentu. Untuk itu, hindari bahan iritatif seperti pewarna atau parfum pada shampo.

4. Berbahan Alami

Penggunaan bahan kimia mulai dipertimbangkan dalam produk kesehatan bayi. Tak heran beberapa nama merek besar pun mulai mengadaptasi bahan alami untuk kurangi risiko alergi dan iritasi. Meski demikian, garis bawahi bahwa tidak semua produk berbahan alami efektif mengurangi risiko tersebut.

Anda wajib menjadi lebih selektif dalam memilih produk alat mandi bayi baru lahir. Terutama untuk sampo dan sabun yang berkontak langsung dengan kulit bayi. Jika Anda ragu, pilih saja produk dari merek yang sudah ternama dan dikenal efektivitasnya. Seperti Mitu baby Natural shampoo yang menggunakan ekstrak urang aring dan kemiri untuk rambut sehat natural.

Produk yang aman lebih tepatnya bergantung dengan kandungan atau formulasi ingredient. Dalam hal ini, Anda harus membuka mata akan segala bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi. Jika mungkin, pilih produk berbahan alami yang diikuti dengan bahan hypoallergenic untuk kulit dan rambut bayi. Anda bisa mengandalkan produk dari Mitu Baby yang didesain khusus untuk bayi.