Tujuan Nikah Siri

Perlu Anda ketahui, ada banyak sekali alasan dan tujuan nikah siri dilakukan oleh sebagian orang. Hal tersebut pada akhirnya dianggap menjadi sebuah jalan alternatif tanpa harus menyalahi dan menentang aturan serta ketentuan agama. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Beberapa Alasan dan Tujuan Nikah Siri

Dibalik dari berlangsungnya sebuah prosesi nikah siri, tentu hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Sebagian orang mengambil jalan ini karena dianggap suatu solusi yang paling tepat namun tetap sesuai ajaran agama Islam. Berikut beberapa tujuan dari nikah siri.

  • Supaya Terhindar Dari Fitnah dan Zina

Salah satu tujuan dari nikah siri adalah agar menghindari dua orang yaitu pria dan wanita dari perbuatan zina. Sebab, dengan memutuskan untuk nikah siri maka keduanya dianggap sah sebagai suami istri dimata agama. Tentu lebih baik dari pada menjalin hubungan (pacaran).

Dengan begitu, hal tersebut tentu menghindari keduanya dari fitnah orang-orang. Apalagi kalau nikah siri bisa diubah statusnya menjadi resmi dengan mengajukan permohonan ke pengadilan agama. Jadi, langkah ini lebih dianjurkan apabila guna menghindari zina.

  • Tidak Mendapatkan Restu Orang Tua

Tujuan nikah siri selanjutnya menjadi sebuah alasan yang paling sering digunakan yaitu restu orang tua. Biasanya, kedua pasangan mengambil langkah tersebut dikarenakan tidak mendapatkan restu kedua orang tua. Akhirinya memutuskan untuk nikah siri saja.

Tujuannya adalah selama berjalannya pernikahan, lambat laun akan mencoba untuk meluluhkan hati kedua orang tuanya. Setelah itu, barulah ke langkah berikutnya yaitu mengubah statusnya menjadi resmi dengan mengajukan permohonan ke pengadilan agama.

  • Masalah Ekonomi

Menikah bukanlah perkara mudah dan murah. Ada banyak biaya yang diperlukan dan dikeluarkan guna mem persiapkan semuanya. Mulai dari menyiapkan kebutuhan dokumen pernikahan hingga melangsungkan resepsi.

Tapi dengan memutuskan untuk nikah siri, maka biayanya tergolong lebih murah. Hal tersebut terbukti pada penawaran yang diberikan oleh jasa nikah siri Jakarta. Setelah memiliki uang hang cukup barulah meresmikannya ke pengadilan agama serta KUA.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tujuan nikah siri berlangsung. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pernikahan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Terlebih jika tidak ada solusi lain selain melangsungkan praktik nikah siri.