Wisata kuliner aceh yang enak, murah dan terkenal

Liburan di Aceh tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi berbagai tempat wisata kuliner di Aceh. Karena ada banyak tempat kuliner dengan cita rasa khas serambi Mekkah yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Wisata kuliner aceh yang enak, murah dan terkenal

Mulai dari masakan pedas yang melegenda hingga berbagai makanan manis masyarakat. Berikut beberapa rekomendasi makanan dan tempat yang harus dikunjungi jika ingin merasakan kelezatan kuliner di Aceh.


Daftar Wisata Kuliner Terpopuler di Aceh


salad aceh

salad aceh

Berbeda dengan Rujakpool, salah satu wisata kuliner Medan, Rujak Aceh memiliki bentuk yang lebih cair. Sepintas bentuknya menyerupai parutan selada, namun ukuran potongan buahnya lebih besar.

Penduduk setempat lebih mengenal Rujak ini dengan nama Rujak Kweni. Bumbu rujak lebih kental dari rujak lainnya dengan warna yang sedikit lebih cerah.

Isi buahnya biasanya timun, bengkuang, mangga, jambu biji, nanas, dan buah lainnya. Tak sedikit juga yang menambahkan selada untuk memberikan tekstur yang renyah pada salad.

Rasa pedas, manis, asam dan renyah dari rujak ini menjadi pembeda rujak Aceh ini dengan rujak lainnya. Pedagang Rujak Aceh bisa Anda temukan di banyak tempat dan yang paling terkenal biasanya di sekitar Masjid Baiturrahman.

Harganya juga sangat murah, sekitar Rp 10.000 per porsi, jadi tidak menguras kantong. Rujak Kweni Aceh ini sangat cocok untuk memulai petualangan kuliner Anda di Aceh.
tangkap ayam

tangkap ayam

Wisata kuliner aceh yang enak rekomendasi selanjutnya adalah hasil tangkapan ayam yang hanya bisa anda temukan di aceh. Tidak seperti ayam goreng pada umumnya, ayam ini mendapat tambahan bumbu seperti salam, daun kari, dan lain-lain untuk menambah cita rasa.

Berkat tambahan ini, rasa ayam goreng Aceh menjadi lebih kaya dan menggugah selera. Biasanya, menangkap ayam menjadi menu wajib saat ada festival panen di Aceh.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini adalah Hasan Restaurant. Restoran ini menyajikan berbagai makanan khas Aceh termasuk ayam yang ditangkap.

Makanan ini biasanya disajikan dalam porsi besar 1 ekor ikan untuk 5 sampai 6 orang. Jadi harganya cukup mahal yaitu sekitar Rp. 60.000,00 per ekor. Tapi ada juga restoran yang menjualnya per potong.

Alamat Rumah Makan Hasan ada di Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Jika berminat, Anda bisa datang antara pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.
Sate dewasa

Sate dewasa

Tidak hanya Padang atau Madura yang memiliki sate khas, Aceh juga memiliki sate matang. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang dicincang halus.

Selain berbahan dasar daging sapi, keunikan lain dari sate ini adalah bumbunya. Kuah sate kacang yang dimasak akan lebih encer dengan tambahan kuah kaldu yang gurih. Rempah-rempah ini membuatnya begitu istimewa.

Jika Anda penasaran untuk mencoba Warung Sate Matang Yakin Rasa di Jl. Sri Ratu Syafruddin adalah rekomendasi yang harus dikunjungi. Rasa sate di stand ini setara dengan sate klatak, salah satu wisata kuliner jogja yang terkenal.

Bumbunya juga lebih banyak di mana-mana karena sate terlebih dahulu direndam dalam bumbu halus sebelum dibakar. Satu porsi biasanya berisi 8 hingga 10 tusuk sate dengan harga yang terjangkau.

Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 25.000.00 untuk satu porsi sate matang. Warung sate ini juga buka dari jam 10 pagi hingga tengah malam sehingga Anda bisa menikmatinya kapan saja.
saus beulangong

Sambal Aceh Beulangong

Rasa kari khas Aceh tidak kalah dengan kari masakan Padang. Kuah beulangong memiliki rasa kuah yang gurih dan isian daging yang lembut. Semuanya lezat dengan setiap gigitan.

Namun, proses pembuatannya sedikit berbeda karena kuah beulangong menggunakan kelapa parut sebagai pengganti santan dan menggunakan penggorengan raksasa. Untuk mengentalkan rasa gurih dan menambah tekstur pada masakan.

Gulai sapi atau kambing khas Aceh ini sering dihidangkan pada perayaan-perayaan besar. Orang makan beulangong bersama dengan hidangan lainnya.

Namun kini Anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmati sajian ini. Sudah banyak rumah makan di Aceh yang menawarkan sambal beulangong, salah satunya Kedai Kuah Beulangong Alta.

Di sini Anda juga bisa mencoba berbagai wisata kuliner Aceh lainnya dengan harga yang tidak terlalu mahal. Anda bisa mendapatkan seporsi sambal Beulangong dengan harga sekitar Rp 25.000.00.
kamu reubo

kamu reubo

Masakan Aceh lainnya yang wajib dicoba adalah Sie Reuboh atau Rendang Aceh. Beda dengan Rendang, kuliner kebanggaannya

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja